Laman

OS dan Cara Penginstalan

Operating System

Ada beberapa OS yang beredar pada saat ini di antaranya :

1. WINDOWS
2. GNU linux
3. MAC OSX
4. BSD OS
5. SUN SOLARIS
6. AIX
7. LINUX
8. IRIX,HPUX dll.
1. WINDOWS
Microsoft windows atau yang lebih dikenal dengan windows adalah merupakan sistem operasi yang dikeluarkan olek microsoft dengan menggunakan tampilan berbasis grafik atau dikenal ( grapichal user interface ).
Sistem windows mengalami evolusi bermula dari MS-DOS sebuah sistem yang berbasis modul teks dan command line. Windows pertama kali diperkenalkan pada tahun 1983 dengan nama windows graphic environment 1.0 namun masuk pasaran mulai tahun 1985 yang diperuntukan memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan yang berjalan diatas MS-DOS sehingga tidak dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Dimulai dari versi 4.0 windows NT 3.1 yang merupakan sistem mandiri yang tidak lagi bergantung pada sistem operasi MS-DOS sehingga microsoft windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

2. GNU LINUX
GNU adalah singkatan dari GUNs Not Unix disebabkan karena utility – utility dari proyek sistem operasi bebas GNU tanpa ini sistem LINUX tidak akan menyerupai sistem unix dalam prespektif pengguna. Kebanyakan pengguna lebih mudah menggunakan istilah LINUX.

3. MAC OS X
Mac os x adalah versi terbaru dari Mac Os untuk komputer machintos. OS ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2001 dan populer dikalangan pengguna. Karakter X adalah nomer romawi yang berarti 10 dimana versi ini adalah penerus dari os yang digunakan sebelumnya. Mac os adalah OS yang menggunakan kernel BSD sehingga kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termaksud UNIX yang paling menarik dari OS ini adalah keindahan tampilan sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop yang lain.

4. BSD OS
Berkeley Software Distribution ( BSD ) pertama kali dikembangkan oleh Computer System Resesrch Group ( CSRG ) di versi 6 yang dimana waktu itu beroperasi pada mesin PDP-11 minicomputer.
BSD dibuat, dikembangkan dan digunakan secara BEBAS sebagai bentuk perlawanan terhadap lisensi UNIX yang dimiliki oleh AT&T oleh karenanya BSD memiliki lisensitersendiri yang memungkinkan setiap orang bebas melakukan pengembangan dan menggunakan kode sumber BSD. Pada tahun 1993 versi 4.4 BSD dirilis sebagai sebuah OS yang utuh.

5. SUN SOLARIS
Adalah sebuah OS dari UNIX yang dikembangkan oleh sun microsystems inc yang dibawah lisensi CDDL ( Common Development and Distribution License ). Sun solaris dapat dioperasikan diats prosesor yang berspek x86, x64 dan SPARC.

6. AIX
AIX ( Advanced Interactive eXecutive ) adalah sebuah versi OS unix yang dikembangkan oleh IBM untuk platform server dan workstation IBM RS/6000. Versi pertama AIX berbasis OS unix system v release 2. Sebelum diperkenalkan kepada umum singkatan AIX sebenarnya adalah Advanced IBM Unix versi terbarunya yaitu versi 5l5.3 mendukung hingga 64 CPU dan mampu mengakses RAM hingga 2 terabyte. Sistem berkas JFS2 mendukung kapasitas partisi dan ukuran berkas maksimum 16 terabyte.

7. LINUX
Linux adalah nama yang diberikan pada OS komputer yang bertipe UNIX. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama seperti pada umumnya sehingga kode sumber linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan oleh siapa saja. Linux berasal dari nama pembuatnya yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistem, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU. Kontribusi GNU adalah merupakan dasr dari munculnya nama alternatif dari GUN/ LINUX.
Linux telah lama dikenal oleh pengguna server dan didukung oleh perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Orachel, Red Hat dan Sun Microsystem. Linux digunakan sebagai OS diberbagai macam perangkat keras termaksud komputer desktop, super komputer dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video, Hp dan router. Para pengamat IT beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linus tidak bergantung pada vendor sehingga biaya operasional rendah dan kompatibilitas yang tinggi dibanding versi UNIX tak bebas serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan OS lainnya seperti Microsoft Windows.
OS Linux yang dikenal istilah distribusi linux atau distro linux umumnya sudah termaksud perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop seperti GNOME, KDE dan Xfce serta memiliki paket aplikasi perkantoran seperti Open Office .org, Koffice, Abiword dan Gnumeric.

Langkah – Langkah Penginstalan OS

Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini halayak umum sudah dapat menginstal OS dengan menggunakan CD-ROM, DVD-ROM dan pada umumnya Os yang digunakan merupakan keluaran dari Microsoft yang merilis versi terbarunya Windows 7. Tata cara penginstalannya hampir sama dengan yang lainnya. Adapun langkah- langkah awal sebelum melakukan penginstalan ada diharapkan menyediakan kelengkapan dari Komputer yang anda akan kerjakan.

1. Baca Doa terlebih dahulu semga tidak ada hal – hal yang diinginkan ( Kejadian Alam maupun Human Error )
2. Siapkan CD driver baik itu Motherboard, VGA ( AGP/ PCI ), Sound, LAN dll. Berupa perangkat yang sudah dihubungkan kedalam komputer anda.
3. Siapkan CD OS yang akan dipergunakan.
4. Masuk ke system BIOS ganti bootingnya agar membaca CD-ROM atau DVD-ROM terlebih dahulu dengan menghidupkan komputer lalu tekan DELETE, F1 atau F2 pilih salah satu sesuai dengan petunjuk dilayar monitor. Anda pilih Advanced Setting > Boot priority atau yang sejenisnya yang biasanya disitu tertulis untuk membaca HDD ganti menjadi CD-ROM lalu tekan F10 lalu tekan y enter. Atau bisa langsung dengan cara masukan CD OS kedalam CD-ROM/ DVD ROM lalu restart kompi anda setelah itu telan F8, F10 atau F11 pilih salah satu secara otomatis akan muncul opsi boot selection pilih yang tulisannya berhubungan dengan CD lalu tekan enter.
5. Tunggu beberapa saat akan muncul tulisan yang bertuliskan press any key to boot from cd lalu tekan enter atau bisa dengan menekan sembarang tombol lalu program akan mengecek secara otomatis hardware komputer anda dan di ikuti dengan tulisan Windows Setup.
6. Semua File yang ada didalam CD akan di Load kedalam komputer kemudian akan muncul tampilan yang memberikan pilihan untuk anda apa yang anda akan kerjakan
1.Menginstal Windows
2.Repair atau memperbaiki windows yang sudah ada / terinstal sebelumnya.
3.F3 membatalkan proses instalasi
Kalau anda mau menginstal maka tekan enter lalu akan muncul End User License Aggrement
7. Tekan F8 kemudian proses penginstalan akan mencari dan membaca partisi harddisk anda dan diikuti kemunculan semua partisi yang ada pada harddisk anda. Ditampilan ini anda akan diberikan 3 pilihan
1.Tekan enter bila anda akan melanjutkan proses penginstalan dengan mengarahkan partisi yang sudah anda tentukan dan akan dilakukan proses penginstalan OS.
2.Tekan C bila anda ingin memberikan partisi tambahan bilamana anda akan menambahkan partisi dari yang sudah ada pada saat ini.
3.Tekan D bila anda akan menghilangkan partisi yang menurut anda tidak perlu.
8. Tekan enter maka komputer akan memproses pemformatan setelah selesai pemformatan windows akan melakukan proses instalasi dengan menyalin file yang ada padanya ke harddisk anda.
9. Proses penyalinan File selesai maka anada kan diberikan pilihan untuk merestart komputer anda maka tekan enter.
10. Setelah melakukan restart dilayar akan muncul loding windows
11. Proses instalasi windows dimulai.
12. Windows akan melakukan Penyalinan setelah itu akan muncul layar Regional and Language
langsung aja tekan Next.
13. Setelah itu muncul Personalize Your Software isi sesuka hati anda lalu tekan Next.
14. Setelah itu Windows akan meminta anda untuk memasukan password produk yang anda pergunakan masukan passwordnya dengan benar kemudian tekan Next.
15. Setelah itu muncul layar Date and Time Setting yang berfungsi intuk mengatur waktu dan tanggal dimana anda menginstal saat ini walau sembarang juga boleh lalu tekan Next setelah itu proses instalasi dilanjutkan kembali.
16. Setelah itu akan muncul Networking Setting, pilih Typikal Setting tekan Next.
17. Setelah itu muncul layar Workgroup and Computer Domain jika anda terhubung dengan Domain maka tulis domainnya bila tidak langsung tekan Next.
18. Setelah itu muncul Display Setting tekan Ok
19. Setelah itu muncul Monitor Setting tekan Ok
20. Setelah itu muncul Loading Windows disini anda disuruh menunggu.
21. setelah itu muncul Welcome To Microsoft Windows tekan Next
22. Setelah itu muncul Help Protect your PC disini anda diharuskan memilih diantara 2 pilihan yang ada
1. Help Protect My Pc by turning on automatic Updates Now
2. Not Right Now
Pilih yang ke 2 tekan Next.
23. Setelah itu akan muncul Will This Computer Connect To The Internet disini anda diberikan 2 pilihan
1. Ya
2. Tidak
langsung saja tekan skip.
24. Setelah itu akan muncul Thank You tekan Finish maka selessai sudah proses penginstalan OS anda.
25. Setelah itu persiapkan CD driver yang tadi sudah anda siapkan dan istall satu persatu ikuti semua perintah yang diminta atau anada bisa membaca petunjuknya.
26. Instal Anti Virus terserah anda mau menggunakan anti virus apa saja baik yang bayar ataupun yang gratis disarankan install 1 AV saja biar tidak bentrok.
27. Install perangkat – perangkat yang dibutuhkan seperti framework, winrar, Adobe player dll.

Selamat mencoba jangan takut salah selagi masih ada tombol restart , esc , back anda aman lebih aman lagi bilamana anda membaca dengan teliti setiap petunjuk yang ada dibuku panduan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Pengikut

Tukar Link

Sarana Widget

Parse Code


Flag Counter free counters
Free counters
Tab 1.3
Buku Tamu
ShoutMix chat widget

Sms Gratis


Forum
get your own embeddable forum with Talki

Tab 3.1
Tab 3.2
Tab 3.3

Arsip Blog

SudieMampir. Diberdayakan oleh Blogger.